Senin, 25 Oktober 2010

Ilmu Budaya dan Kesastraan

Ilmu Budaya dan Kesastraan

Suatu budaya terdapat banyak kaitannya dengan berbagai hal, salah satunya adalah sastra. Karna dari pengertian budaya secara menyeluruh yang merupakan jalan atau arah untuk bertindak positif untuk memenuhi kebutuhan hidup juga berkaitan dengan sastra. Sastra sebagai penunjang untuk mempelajari tentang ragam bahasa yang lebih spesifik juga merupakan suatu budaya yang dianggap penting dan perlu karna dalam ragam bahasa terdapat unsur-unsur budaya yang selain dari, seperti adat istiadat, suku, ras, dll.
Di Indonesia sendiri, menurut pendapat masyarakat umum adalah bahwa sastra belum menjadi kebutuhan yang mendesak karna masih mengarah kepada dunia industri, teknologi dan sains. Namun disisi lain, sastra dianggap penting karna salah satunya menjadi acuan untuk menjujung nilai budaya bangsa. Seperti pada Hari Sumpah Pemuda yang dijadikan sebagai event yang bertajuk Bulan Bahasa, dimana diperlombakan membaca puisi, drama dan sederet kompetisi lain yang lebih mengarah kepada kesastraan.
Untuk menciptakan budaya sastra yang lebih nyata, maka perlu ditingkatkan pula hal-hal yang membuat sastra itu lebih penting, lebih menarik untuk dipelajari dan semua orang lebih mencintai sastra yang merupakan peninggalan budaya zaman dahulu.
Budaya merupakan titik awal dari sebuah hal yang diyakini masyarakat untuk dijadikan suatu perlakuan yang menjadi kebiasaan yang dianut dan dilakukan secara ritual dengan cara mereka sendiri. Banyak sekali budaya-budaya atau etnis yang terdapat di Indonesia, diantaranya adat istidat suatu perkawinan, pemakaman, kelahiran anak, upacara adat, sesajen, dsb.
Budaya yang koheren adalah budaya yang bener-benar dijaga dan dipelihara dengan sunguh-sungguh yang akan menjadi suatu ikon untuk diteruskan kepada generasi penerus bangsa. Jangan sampai budaya yang sudah sangat dijaga itu sampai luntur karna pada zaman modern seperti sekarang, orang-orang sudah mulai meninggalkan warisan leluhur kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar