Jumat, 12 November 2010

Manusia dan Keindahan

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Indah berarti cantik, elok, bagus, menakjubkan, bisa juga mempesona. Ada yang mengatakan bahwa sesuatu yang dinilai ‘indah’ bentuknya abstrak, tak dapat dinikmati. Namun pada kenyataannya sesuatu yang indah dan yang dilihat dengan keindahan dapat sangat dinikmati. Seperti contoh kita melihat pemandangan alam dipuncak gunung yang begitu indah, sejuk, dan tenang, itu dapat kita nikmati karena dengan melihat keindahannya yang dirasa memang indah. Pemandangan yang elok, bersih, sejuk seperti pada alam sekitar tentu akan membuat kita terasa nyaman dan tentram.
Begitu pula halnya pada manusia, manusia setiap waktu memperindah diri, rumah, kendaraan, itu menunjukkan bahwa manusia sangat menjaga suatu keindahan agar orang yang melihatnya pun merasa nyaman. Begitu pentingnya manusia dalam menjaga keindahan karena keindahan berawal dari kebersihan. Kebanyakan manusia tampak rela mangeluarkan banyak harta demi untuk keindahan, dan seiring berjalannya waktu manusia semakin menghargai akan arti keindahan serta menghayati betapa pentingnya suatu keindahan agar bisa tampak mempesona dan menyenangkan bagi orang yang melihatnya.
Banyak pula manusia yang tak bisa menghargai apa itu keindahan, dari masalah sepele saja seperti membuang sampah sembarangan. Karena jika manusia sadar akan keindahan, masalah kecil seperti membuang sampah pada tempatnya akan membuat lingkungan sekitar akan-bahkan jauh lebih baik. Disini manusia memang mayoritas tak peduli akan kebersihan yang cikal bakal terbentuknya sebuah keindahan.
Keindahan, tentu banyak manusia ingin merasakan hal itu setiap hari. Karena akan terasa begitu nyaman jika manusia yang tak peduli keindahan cepat sadar. Manusia yang jauh dari keindahan pasti dekat dengan berbagai hal yang kotor, tak sehat, penyakit, dll. Akan sangat bangga bagi orang yang melihat jika manusia dan keindahan dapat saling menjaga satu sama lain. Akan ada banyak manusia yang semakin menghargai dan menyadari begitu pentingnya sebuah keindahan yang dapat membuat manusia lain bisa hidup lebih baik.
Citra keindahan dikatakkan kebanyakkan orang dekat dengan manusia-manusia menengah keatas. Ya tentu, karena manusia-manusia itu-lah yang banyak mempunyai materi sehingga mampu menjaga keindahan dengan baik, tetapi banyak juga manusia menengah dan menengah kebawah yang bisa menjaga dan menghargai keindahan dengan baik. Namun bagi yang menengah kebawah sangat minoritas karena mereka dekat dengan berbagai hal yang tak sehat.



sumber : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar