Sabtu, 13 November 2010

Manusia dan Pandangan Hidup

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup berarti pemikiran atau suatu pertimbangan seseorang yang akan dijadikan pedoman hidup, arahan, tujuan, serta bagaimana melihat kehidupan kedepannya. Setiap manusia punya pandangan hidup dan memilikinya. Pandangan hidup adalah dasar dari seseorang untuk membimbing jasmani maupun rohani. Pandangan hidup tidak sama halnya dengan cita-cita, namun pandangan hidup juga bisa mencerminkan cita-cita, karena dari pandangan hidup itulah seseorang mampu berfikir dan menghayati bagaimana akan kemampuannya dalam menggapai cita-cita.
Didalam pandangan hidup ada faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain keyakinan, usaha, cita-cita atau tujuan hidup dan berbuat kebaikan. Keyakinan merupakan tonggak penting serta dasar dalam memulai tujuan hidup karena dari sinilah manusia berakal dan mempercayai bahwa setiap tujuan hidup yang dipilih adalah sesuai dengan keyakinan mereka. Jika faktor usaha adalah upaya bagi untuk terus berusaha dalam menggapai apa yang kita ingin. Cita-cita disini merupakan suatu keinginan yang ingin dicapai seseorang dan jika belum sampai masih dikatakan sebagai angan-angan bisa juga masih menjadi suatu upaya untuk menggapainya.
Jika manusia tidak mempunyai pandangan hidup berarti mereka tidak memiliki kemana arah dan tujuan hidup mereka. Manusia yang merasa tidak peduli dengan hal ini akan membawa dampak negatif dan pengaruh buruk.
Adapun faktor lain diantaranya pengalaman dan pergaulan. Pengalaman adalah guru terbaik, belajar tidak hanya sekedar membaca, menulis, mendengar serta mempehatikan saja namun mampu menggabungkan keempat unsur tersebut dalam satu kesatuan. Dan bisa menerapkan dalam kehidupan kita agar kita mampu membaca karakter dan juga menganalisis berbagai permasalahan serta memberi solusi. Jika pergaulan, pergaulan adalah karakter yang terbentuk oleh pergaulan baik dalam akademis (sekolah, kampus, lembaga) maupun nonakademis (keluarga, lingkungan rumah). Pergaulan dapat membentuk cara pandang dan pola pikir seseorang. Maka dengan pola berpikirnya seseorang akan sangat mempengaruhi karena dalam pergaulan kita belajar melakukan ‘pengalaman’.
Dari faktor-faktor yang telah disebutkan, merupakan faktor yang mempengaruhi pola pikir, kedewasaan dan pandangan hidup seseorang. Karena tidak mungkin cara pandang, pola pikir serta kedewasaan dapat timbul jika tidak adanya faktor yang mempengaruhi dan membentuknya.



Sumber : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar