Sabtu, 13 November 2010

Manusia dan Keadilan

MANUSIA DAN KEADILAN

Jika membicarakan sebuah keadilan, keadilan dimana-mana amat sangat penting peranannya dan harus benar-benar ditegakkan. Karena seiring berjalannya waktu, sebuah keadilan sudah tak dapat ditegakkan dengan baik, bahkan sudah sangat buruk dan kacau. Didalam kehidupan sehari-hari ini setiap orang pasti pernah merasakan bagaimana rasanya di-tidak-adil-kan, akan sangat tidak puas rasanya bila hal itu terjadi. Keadilan akan berjalan baik jika orang-orang berbuat jujur, namun terkadang berbuat jujur adalah hal yang sangat sulit dilakukan bila kita sambil dihadapkan dengan situasi yang buruk, permasalahan-permasalahan, kendala, resiko yang dihadapi yang umumnya disebabkan oleh sikap moral.
Seperti dinegara Indonesia, keadlian yang sebenarnya belum berjalan dengan baik, belum dapat ditegakkan, belum berjalan maksimal, belum tepat pada perannya. Banyak masyarakat yang kecewa, tidak puas, tidak senang dengan hasil dari keadilan di Indonesia. Umumnya karena banyak orang-orang hukum yang disuap agar yang salah menjadi benar dan yang benar menjadi salah. Tentu itu bukan hal baik. Disini balik lagi kepada orang-orang hukum yang termakan oleh materi karena tak dapat menjalankan tugasnya dengan benar, orang pintar yang jadi menyalah-gunakan kepintarannya dengan memutar balikkan fakta. Orang yang berbuat dengan merugikan negara menjadi tak dihukum karena disuap agar tidak ditahan, sungguh membuat orang-orang menjadi tak senang dengan keadilan yang ada.
Padahal, jika keadilan berjalan maksimal akan berdampak positif. Yang berbuat salah akan menyadari atas semua apa yang telah diperbuatnya dan itu merupakan hal yang salah. Dan itu akan membuat banyak orang-orang yang bermasalah menjadi lebih menghargai akan keadilan dan perbuatannya sehingga bisa berbuat jujur.
Stabilitas didalam realitas kehidupan sangat penting adanya, karena jika tidak ada keseimbangan didalam kehidupan nyata, dunia akan berat sebelah dan banyak terjadi ketidak-adilan. Setiap manusia ingin memperoleh keadilan seadil-adilnya agar tercipta kehidupan yang lebih sejahtera dan damai.
Keadilan yang bertujuan selain mesejahterakan kehidupan manusia didunia juga untuk memelihara ketertiban masyarakat. Jika keadilan itu sendiri tak berjalan dengan baik pasti akan merusak dan menghancurkan pertalian didalam masyarakat.
Dengan demikian setiap orang berhak memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.



sumber : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar