Selasa, 12 Oktober 2010

Processor

Processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer,yang berfungsi sebagai otak didalam komputer karna tanpa adanya processor sebuah komputer tak akan bisa berfungsi apa apa. fungsi processor adalah agar dapat menangani operasi2 dengan tepat dan cepat, maka dari itu kita harus membeli processor dengan spesifikasi tinggi.

Berikut merupakan perkembangan processor mulai dari generasi 4004 microprocessor yang dipakai pada mesin penghitung Busicom sampai dengan intel Quad-core Xeon.

microprocessor 4004
processor pertama ini dimulai dengan pemakaiannya pada mesin penghitung. processor ini merupakan penemuan yang memasukkan sistem cerdas kedalam mesin yg kemudian dinamakan microprocessor 4004.

microprocessor 8008
pada tahun 1972 intel mengeluarkan microprocessor 8008 dengan kecepatan 2 kali lipat dari sebelumnya,.

microprocessor 8080
intel kembali mengeluarkan microprocessor keluaran terbaru dengan seri 8080. processor ini lebih cepat pula dari sebelumnya yang memakai teknologi PMOS. pada saat ini memori sudah sampai 64kb.

microprocessor 8086
processor ini adalah cpu pertama 16 bit,.

microprocessor 286
processor ini lebih dikenal dengan nama 80286, yang merupakan processor pertama  yang dapat mengenali dan menggunakan software untuk processor sebelumnya. processor ini mempunyai kemajuan yg relatif besar dibanding generasi pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar