Selasa, 12 Oktober 2010

Perkembangan Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan yang juga merupakan pengetahuan tentang cara-cara dan perilaku dasar manusia. ilmu budaya dasar juga merupakan basic dari adanya suatu kebudayaan serta pengetahuan yang lebih menyeluruh. kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai jalan atau arah dalam bertindak positif untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. dinamika masyarakat pula yang membuat terbentuknya suatu kebudayaan, karna adanya beragam macam budaya menjadikan itu semua menjadi suatu kesatuan dengan terbentuknya kebudayaan. tujuan mempelajari ilmu budaya dasar adalah agar kita lebih menghargai budaya2 disekitar untuk lebih melestarikannya juga agar terjaga dengan baik sebagai warisan leluhur nenek moyang kita, untuk bisa mengenal budaya lain dan mengenal perilaku2 masyarakat dengan keragaman budaya serta adat istidatnya, bisa lebih peka terhadap perkembangan mendasar budaya lain agar bisa memahami dan menyelesaikan permasalahan2 yang terjadi, serta mampu menjadi pemimpin yang ahli dalam disiplin dan ilmu. sedangkan ragam budaya di indonesia terdiri dari banyak suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, budaya daerah yang umumnya tidak lepas dari iktan2 kedaerahan. fungsi kebudayaan itu sendiri adalah untuk mengatur manusia agar mengerti untuk bertindak dan berperilaku untuk berhubungan dengan orang lain dalam menjalankan kehidupannya.


Dalam hakekat ilmu budaya dasar, kebudayaan sudah ada sebelum generasi lahir dan tidak akan hilang 
setelah generasi tidak ada. jadi kebudayaan akan terus abadi walaupun sudah tidak ada kehidupan lagi. kebudayaan sangat diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam pola tingkah lakunya. faktor2 yang mempengaruhi perubahan budaya diantaranya yaitu hubungan antar negara lain, masyarakat yang heterogen, keinginan untuk menjadi lebih baik dan tidak tertinggal, ketidakpuasan masyarakat itu sendiri dalam bidang2 tertentu. sedangkan faktor yang menghambat diantaranya faktor dari dalam masyarakat, sebagai contoh konflik, perselisihan, pemberontakan antar-masyarakat didalam masyarakat itu sendiri sebagai awal terbentuknya budaya yang tidak maju.


Pada zaman modern seperti sekarang, mayoritas manusia sudah tidak lagi peduli dengan budaya yang semakin terhapus dengan adanya teknologi2 canggih seperti sekarang ini serta membuat manusia terpecah belah oleh kepentingan2 bisnis sehingga manusia sudah tidak lagi mempunyai jiwa yang independen. namun disisi lain, zaman modern seperti sekarang memang memberi hal2 positif, keuntungan dan kebaikan untuk masyarakat, akan tetapi disamping itu semua banyak lagi hal negatif yang bermunculan yang membuat budaya2 peninggalan nenek moyang kita sedikit demi sedikit tersingkirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar